Home Artikel 5 Keahlian Era Digital yang Perlu diCoba Persiapan Masa Mendatang

5 Keahlian Era Digital yang Perlu diCoba Persiapan Masa Mendatang

by aDHIEwEB
0 comment 126 views

Saat ini masyarakat bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia semakin dekat dengan dunia digital. Hal ini dapat terjadi karena perkembangan teknologi yang begitu pesat bahkan muncul banyaknya teknologi baru.

Oleh karena itu, manusia dibutuhkan untuk dapat memanfaatkan teknologi tapi enggak semua orang punya keterampilan tersebut.

Digital skill atau kemampuan digital merupakan kemampuan dalam memahami, menggunakan, dan memanfaatkan perangkat digital dalam mengakses dan mengelola informasi. Dengan semakin berkembangnya teknologi, maka digital skill menjadi suatu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki.

Enggak sedikit perusahaan yang mulai bertransformasi ke ranah digital dan membuka kesempatan untuk menjalani karier professional di perusahaan dengan memiliki digital skill.

Bahkan, saat ini juga ada cukup banyak posisi pekerjaan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Seperti Data Analyst and Scientist, Big Data Specialis, Digital Marketing Specialist, dan Digital Transformation Specialist.

Untuk kamu yang ingin menjalani karier professional, bukan hanya memiliki gelar akademis dan kemampuan saja, tapi kamu juga harus memiliki digital skill.

Di bawah ini ada beberapa digital skill yang penting untuk kamu ketahui dan kuasai agar dapat bersaing di era industri digital seperti dilansir Quipper.

Data Analytics

Digital skill yang pertama adalah Data Analytics. Ini adalah kemampuan dalam melakukan pemeriksaan dan pengolahan data dari berbagai sumber untuk menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Pemanfaatannya bukan hanya di sektor industri, tapi juga banyak digunakan dalam membantu pengembangan suatu bisnis.

Internet of Things

Kemampuan yang kedua adalah Internet of Things, suatu konsep yang memungkinkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan berbagai device dan dapat dikendalikan dengan mudah.

Implementasi IoT ini juga semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya teknologi internet. Sebab yang menjadi kunci utama dari terealisasinya internet of things adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

Search Engine Optimization

Yang satu ini mungkin kamu sudah enggak asing lagi. Search Engine Optimization atau SEO ini merupakan salah satu skill yang penting dalam digital marketing. Orang yang punya keahlian di bidang ini biasanya disebut dengan SEO Specialist.

Tugas utama dari SEO specialist adalah memastikan performa situs dari produk digital memiliki peringkat yang baik di mesin pencari.

Dalam melakukan tugas itu, seorang SEO specialist perlu mempersiapkan strategi yang tepat mulai dari meneliti seperti siapa yang menjadi kompetitor, kemudian meneliti berbagai kata kunci yang bisa dioptimasi, menulis konten artikel, dan masih banyak lagi.

Web Development

Skill yang satu ini adalah satu kemampuan dalam membangun, memelihara dan mengembangkan suatu website. Orang-orang yang punya kemampuan ini disebut juga dengan web developer.

Web developer ini sendiri juga punya berbagai jenis, yaitu front-end developer, back-end developer, full-stack developer, dan mobile developer.

Banyak perusahaan yang mempekerjakan seorang web developer untuk melakukan ekspansi bisnis ke ranah digital. Dengan bantuan dari web developer, perusahaan bisa membuat dan mengembangkan produk digital yang dimiliki.

Project Management

Skill yang terakhir ini adalah kemampuan memimpin dan mengorganisir tim dalam mengelola suatu proyek. Posisi spesifik yang wajib punya kemampuan ini adalah Project Manager. Peran utamanya adalah mengorganisir tim agar tim bisa tercapai sesuai durasi waktu yang disediakan.

Untuk menjadi seorang project manager, kamu enggak dituntut harus menguasai skill teknis dengan baik. Tapi, seenggaknya, kamu harus paham seperti apa prosedur penyelesaian suatu proyek dan mampu berpikir solutif untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapi tim.

Related Posts

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Kami akan menganggap Anda baik-baik saja dengan ini, tetapi Anda dapat memilih keluar jika Anda mau. Terima